PULANG KAMPUNG

Akhir tahun lalu tepatnya tanggal 28 desember 2011 adalah waktu aku pulang kampung setelah dua tahun lebih aku merantau di kalimantan tepatnya di tarakan wilayah kalimantan timur bagian utara. jam 12.00 wite aku berangkat dari Bandara Juwata Tarakan, diantar oleh teman satu kantor ku karna yang aku punya hanyalah sahabat yang sekaligus aku anggap sebagai keluarga sendiri, harap maklum lah aku maerantau hanya modal nekad dan aku pengen merubah hidup aku menjadi lebih baik,,, hik...hiksss   sedih .com
pic bandara juwata tarakan

Dulu aku masih punya pacar tinggal di Bogor walaupun hubunganya long distance tapi hubungan itu tetap masih bisa kami pertahankan, jadi kalau pulang kampung bisa sekalian singgah di Jakarta soalnya kencan pacarnya elit mesti naik pesawat dulu jadi berat di ongkos deh ha...haaa..haaaa.
perjalanan pulang kampung ku bukanlah perjalanan yg menyenangkan transit nya aja mesti dua kali belom lagi masalah kalau pesawatnya delay...syukur2 nyampe malam bisa-bisa nyampe subuh,,,

waktu menunjukkan pukul 13.00 wite, pesawat lion Air yang aku naiki sudah take in di BAndara sepinggan Balikpapan,
pict bandara sepinggan balikpapan

saatnya penumpang transit melapor untuk mengikuti jadwal penerbangan berikutnya,, huff....ternyata oh ternyata pesawatnya delay dua jam haa..haa..haaa. sungguh menyebalkan dengan kesendirianku mengulur waktu dan perut yang sudah mulai keroncongan, aku mencoba melangkahkan kaki ku menuju cafe-cafe di bandara bermaksud mengisi tangki perut ku yg sudah mulai terasa kosong, maklumlah di tarakan aku hanya anak kos, jadi sebelum berangkat belom sempat serapan,,he..heee..heeee

At last aku menemukan tempat duduk yang nyaman, menyandarkan badanku sambil mata tertuju sama penumpang-penumpang yang lain yang dari tadi lalu lalang bersama keluarga masing-masing. ada yg sibuk Check in ada juga yg sibuk lari kesana kemari. tapi hiburan itu mulai melelahkan mataku, aku raih HP ku yang baterainya mulai low, ku otak-atik kontak nya sampe aku berhenti sama nama pujaan hati,,,haaa..haaaa aseek...asekkk
smsan dulu lah menghilangkan kejenuhan, tapi sayang sms an ga berlangsung lama karna dia punya tanggung jawab untuk kerja. hmm..hmm..hmmm demi masa
sepinggan balikpapan

depan katanya. huff menunggu dan lagi menunggu ternyata pesawat delay setengah jam lagi, OH my God what are I doing,,, boring..boring,,,,boring,,,,,ku langkahkan kaki ku mencari suasana baru kesana-kemari tanpa tujuan seperti orang bego,,, kalau begini tahun depan pulang kampungya jangan ndiri lagi deh,,, kalau bisa pulang berdua,,,,haa,,haaa,,haaa ngarep .com.
"perhatian Penumpang lion Air Boeing 306 dengan tujuan di harap memasuki pesawat melalui gate A1...
ternyata I'm flying jg..

Tanpa terasa dua jam perjalanan Balikpapan- Jakarta jam 17.05 pesawat uda take in di Bandara Soekarno hatta, ya ini dia waktu yang paling di tunggu-tunggu jumpa sama sang kekasih, bisa mencurahkan rasa kangen sesudah 6 bulan tak jumpa. dengan cepat kuraih ponsel ku yang berdering ternyata dia cuma mau ngasih tau kalau datangnya telat berhubung jakarta macet, oh... aku akhirnya menunggu lagi di pintu keluar di Terminal A1, mungkin karna ramenya orang di bandara atau mank salah alamat (haa....haa..haaa kayak lagunya ayu ting-ting aja). ternyata kami butuh waktu setengah jam untuk bisa saling bertemu,
telepon masih tetap menyala sambil memberitau posisi masing-masing,,,, hmm..hmmm..hmmm aku melihat sosok tubuhnya yg masih membelakangi aku sambil mata yg masih kecarian, pengen rasanya berteriak berlari memeluknya tapi takut nanti di kirain seperti sinetron-sinetron, kami berdua tertawa tersipu masing-masing bingung apa yg mesti di lakukan, kami makan dan minum di cafe di bandara,,,sambil mengobrol saling tanya kabar satu sama lain,, pertemuan yang begitu mengasyikkan dan tak terlupakan walupun cuma beberapa jam haa..haaa..haaaa..aaahhhha.....jadi keingat lagi deh ma dia.

pukul 19.30 kami mesti berpisah buat sementara lagi, aku harus melanjutkan perjalananku ke tanah kelahiranku Medan tercinta, ok lah Bye my lovely I will come back,,,hik,,hikkk,,hikkk, tepat pukul 23.00 Wib aku nyampe di bandara polonia medan pastinya pesawat penerbangan terakhir from jakarta. di bandara aku sudah di jemput adek ku forguin sitio yg dari tadi siang sudah menunggukku tapi maklumlah berhubung si pesawat terlalu banyak delay akhirnya nyampe malam bangat, perjuangan perjalananku bukan sampai di situ, kami mesti malanjutkan perjalanan sampe ke rumah sekitar 5 jam lagi perjalanan yg sangat melelahkan badan tersa remuk tapi demi orang tua yang sudah lama menunggu di rumah gak apalah,

sesudah makan malam di medan perjalanan di lanjutkan kembali aku sampe mabuk perjalanan sumpah gak tahan lagi perutku sudah di obrak-abrik belum lagi jahatnya angin malam, kompleted deh,,,,  pemandangan desa yg begitu sejuk membuat aku tertidur menikmati hal-hal baru di desaku,dengan wajah yang lemah letih lesu akhirnya perjalanan aku berakhir juga jam 04.00 subuh aku, adek ku dan si mobil travel kami berhenti tepat di depan rumah, omak ku pun langsung berlari keluar sambil memeluk ku, aku dapat merasakan betapa rindunya dia ma putrinya ini, ya wajar aja sih aku cuma putri satu satunya yang dari kecil gak di kasih jauh-jauh darinya tapi berhubung karna tekadku dan aku bukan tipe anak manja aku akhirnya di ijinkan merantau sejauh ini, mank hal yg paling indah adalah saat-saat berkumpul bersama keluarga semuanya sudah lengkap aku lah yang datang paling terakhir abang, adek, keponakan-keponakan  dan eda-eda ku (kakak ipar) sudah seminggu yang lalu nyampe,,,
semmua tertawa sumriang sampai aku gak jadi tidur lagi,,,di lanjutkan dengan pembagian jatah oleh..oleh...

tanggal 29 Desember 2011

aku istirahat total karna badanku yang lelah sehingga menyebabkan Imun tubuhku menurun, dan sempat deman dan lemah,,disamping pergantian musim di tarakan panas tiba-tiba di kampungku dingin buangat,,,,,, aku di sarankan bidan desaku  istirahat total sehingga tidak begitu banyak yang ku ceritakan di hari ini.

tanggal 30 desember 2011

keadaan badan ku sudah mulai membaik tapi masih belsum se fit sebelumnya, sehingga tidak banyak yang dapat ku lakukan. aku hanya bisa memandangi ibu ku yang dari tadi sibuk bersolek untuk mengahadiri pesta pemberkatan anak tulangku yang tidak jauh dari kompleks rumah, sedangkan eda ku asyik memasak di dapur ntah dia masak apa pun aku kurang tau, dan keponakan-keponakan aku yg sibuk berantam saling rebut mainanan satu sama lain. mank saat yang bahagia ya...

tanggal 31 desember 2011

badan ku sudah fit seutuhnya, tibanya seorang nada beraksi dengan sgala kejahilanya dan tertawanya yang begitu khas, membuat semua orang selalu geram... haa..haaa..haa..haaaaa
semuan tetangga sibuk buat kue tahun baru, buat dodol. kombang loyang, sasagun, lemang,,tak mau ketinggalan sang mama pun langsung membeli tapung roti dan campuran bahan lainya dari warung terdekat. wah dengan wajah yang tidak begitu gembira bahan-bahanya di tujukan padaku. lagi-lagi aku harus membuat semua ini, oh .my GOd, aku gak tau mama ku sengaja ato mank tak sengaja karna dari dulu aku paling gak suka berurusan dengan dapur, abang dan Eda ku dan adek ku tertawa melihat kebegoanku,,, haa..haa..haaa
mank aneh ya masa cwek ga minat di dapur, gimana kalau sudah punya suami ntar malah suaminya lari karna ga pernah masak di rumah ,,,haa,,,haaa,,haaa aku bukanya gak bisa tapi lom niat tapi samaja kali ya...wkwkkw.

di sore hari aku bersama adek pudan kami pergi ke ladang mau ngambil jagung,dan cabai dengan honda butut sang bapak kami. dengan sedikit candaan perjalanan yang ekstrim jagung kami dapatkan juga, tiba saatnya ngisi perut dengan jagung rebus yang manis,,,,,nyam...nyamm....nyammm

tanggal 01 januari 2012

tanggal yang sangat di nantikan untuk saling memafkan dengan sama lain, kami sekeluarga buat acara yang sederhana,,sesudah acara keluarga saatnya open house,,, keluarga yang lain berdatangan untuk silaturahmi,

aku juga tak mau ketinggalan donk, sekalian buat waktu ini reunian sama anak satu  SMU & SMP yg sudah lama tak bersuoooo.....sungguh terheran-heran mendengar kabar masing-masing yg kebanyakan sudah merrid dan punya anak,,, semuanya sudah ngumpul hayoo saatnya foto-foto bareng,,
atur senyum masing-masing wkwkkww

tanggal 02 januari 2012

jalan-jalan ke tempat oppung di Tambun Raya sekalian jiarah ke kuburan sang oppung, aw,,,aw....aw... saat yg sangat ku harapkan melihat pemandangan Danau Toba,,,,sekalian bapak kami mangula di juma sambil menyiram bawang, katanya biar ada uang yang di bagi-bagi buat anak dan cucunya, mank bapaku adalah motivasiku yang tidak mau menyerah menghadapi sgala cobaan hidup.. I LOve U my Father & mother....smoga selalu di berikan kesehatan dan umur yang panjang buat kalian kedua orang tuaku...amin

tanggal 03 januari 2012

aku dan keponakan eda-edaku jalan-jalan ke kebun binatang siantar, buat menghibur keponakan-keponakanku, kalau mama kami gak ikut katanya udah tua gak tahan lagi perjalanan jauh, dari kampung ke siantar butuh waktu 3 jam naik bus simarjarunjung, jadi dia lebih memilih tinggal di rumah yang penting cucunya bahagia. walupun di paksa dia tidak akan mau,,,,,,,,

tanggal 04 januari 2012

waktu sudah habis berpetualang di desaku, waktunya melanjutkan perjalanan ke rumah tulang (mertua sang abang) di siantar city. berpamitan dengan orang tua dan adek-adeku, suasana kembali haru. di iringi dengan doa yg di pimpin sang ayah ya Tuhan berikan rejeki & umur yang panjang agar kami dapat berkumpul lebih bahagia lagi, Amin.
keluarga mengantar dan menemani kami sampai bus datang, sedangkan wajah si mama agak begitu sedih gak tau mungkin dia akan merasa kesunyian di rumah, maklum saat ini cuma mereka berdua yang tinggal di rumah kami. bus sudah berhenti saatnya berpelukan dan bersalaman sama sang mama dan papa, melambaikan tangan.....

tanggal 05 januari 2012

pukul 06.00 wib kami melanjutkan perjalanan dari rumah tulang ke rumah abang di tanjung pinang dengan menumpangi travel ke medan Belawan karna rencananya kami bakalan naik kapal menuju batam, baru kali ini pulang kampung melalui jalan laut, gimana ya rasanya, pukul 12. 00 siang penumpang memasuki kapal CEREMAI masih teringat kami dapat tiket klas ekonomi, gak pernah terlintas dalam otak kananku kalau kejadian nya bakalan separah ini, klas ekonominya jorok bangat bau lagi. ha..haaa...haaaaa.
harus cari cara soalnya si abang masih punya baby, gak bakalan nyaman bangat kalau bertahan di stuasi ini, cara yang paling tepat pindah klas dari ekonomi ke eksekutif, huff.....ternyata eksekutif penuh, gimana lagi. bingung deh.....
akhirnya kami sekeluarga sewa kamar ABK, per malam 700.000 melebihi hotel bintang 2 aja, haa..haaaaa
satu malam perjalanan di kapal membuat keponakan ku sakit diare soalnya kapalnya ga bersih banyak kecoa sumpah trauma naik kapal  laut yg begini.

tanggal 06 Januari 2012

pukul 12.00 siang kapal akhirnya berlabuh di pelabuhan sekupang batam,, yes...yes......yes....... akhirnya nyampe juga, tapi mesti naik speed kecil lagi menuju tanjung pinang, butuh waktu 30 menit lagi menyebrang,,,di tanjung pinang si abang kami sudah menunggu jemputan, jam 15.00 kami nyampe di rumah dan si adek keponakanku langsung dilarikan ke rumah sakit buat penanganan lebih lanjut soalnya udah dehidrasi bangat

tanggal 07 januari - 12 januari 2012

gak ada hal istimewa yang dapat aku ceritak di tanggal ini selain sibuk ngurusin si ade di rumah sakit, jadi rencana gagal total jalan-jalan di tanjung pinang, tapi tak apalah yang pentingkan si ade sehat,,,,

tanggal 13 januari 2012

aku melanjutkan perjalanan lagi menuju jakarta, aku di antar si abang ke bandara tanjung pinang, rencana pesawat berangkat jam 14.00 wib buat jumpa my lovely sebelum melanjutkan perjalanan ke Tarakan-Kaltim,
seperti biasa rutinitas si pesawat delay sampai jam 17.00 wib, katanya lagi zaman delay, wkwkwwkwkkw
padahal dari tadi si honey sudah nelpon nanya posisi sudah dimana, jam menunjukkan 20.00 wib pesawat akhirnya take in di Bandara Soekarno Hatta, my Lovely bersama  Bang Frando and the genk sudah menunggu di luar, pertemuan pun kembali terjadi... tertawa kekeh dan becanda bersama... haa..haaa..haaa..haa suasana yg begitu nyaman apalagi dekat si dia

tanggal 14-15 januari 2012

waktu yang sangat sulit dilupakan,,,, hm..hmm..hmm..h... iya dunkss kan lagi waktunya dekat ma si HOney, jalan berdua, ngobrol berdua, makan berdua. pokonya kenangan kenangan lah tapi waktu memang sudah tinggal kenangan , saat ini kami sudah bubaran alias break,, hiks..hiks..

tanggal 16 januari 2012

masa petualangan si Bolang akhirnya habis, saatnya kembali ke Tarakan, dengan pesawat lion lagi,,,,,,jam 14.00 wite aku kembali menghempaskan tubuh ku di kasur kos ku, sungguh perjalanan yang melelahkan dan penuh kenangan yang mengharu biru, waktunya kembali Bekerja di Kantor Navigasi Klas III tarakan, dengan menyimpan kenangan-kenangan itu jauh di lubuk hati yang begitu dalam,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,